About

Semoga Bermanfaat


1.      Case Fatality Rate (CFR) Angka kefatalan kasus
CFR adalah perbandingan antara jumlah kematian terhadap penyakit tertentu yang terjadi dalam 1 tahun dengan jumlah penduduk yang menderita penyakit tersebut pada tahun yang sama. Rumus:  
Perhitungan ini dapat digunakan untuk mengetahui tingkat penyakit dengan tingkat kematian yang tinggi. Rasio ini dapat dispesifikkan menjadi menurut golongan umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan lain-lain
2.      Crude Death Rate (CDR) Angka Kematian Kasar
Angka keamtian kasar adalah jumlah kematian yang dicatat selama 1 tahun per 1000 penduduk pada pertengahan tahun yang sama. Disebut kasar karena angka ini dihitung secara menyeluruh tanpa memperhatikan kelompok-kelompok tertentu di dalam populasi denga tingkat kematian yang berbeda-beda.
Rumus:
Manfaat CDR
1.      Sebagai gambaran status kesehatan masyarakat, 2. Sebagai gambaran tingkat permasalahan penyakit dalam masyarakat. 3. Sebagai gambaran kondisi sosial ekonomi. 4. Sebagai gambaran kondisi lingkungan dan biologis. 5. Untuk menghitung laju pertumbuhan penduduk

3.      Age Spesific Death Rate (ASDR)
angka kematian menurut golongan umur. Angka kematian menurut golongan umur adalah perbandingan antara jumlah kematian yang dicatat selama 1 tahun pada penduduk golongan umur x dengan jumlah penduduk golongan umur x pada pertengahan tahun.

Manfaat ASDR sebagai berikut:
1.      untuk mengetahui dan menggambarkan derajat kesahatan masyarakat dengan melihat kematian tertinggi pada golongan umur. 2. untuk membandingkan taraf kesehatan masyarakat di bebagai wilayah. 3. untuk menghitung rata-rata harapan hidup

4.      Under Five Mortality Rate (UFMR) Angka kematian Balita.
Angka kematian Balita adalah gabungan antara angka kematian bayi dengan angka kematian anak umur 1-4 tahun yaitu jumlah kematian balita yang dicatat selam satu tahun per 1000 penduduk balita pada tahun yang sama.

Angka kematian balita sangat penting untuk mengukur taraf kesehatan masyarakat karena angka ini merupakan indikator yang sensitif untuk status kesehatan bayi dan anak.

5.      Neonatal Mortality Rate (NMR) Angka Kematian Neonatal
Neonatal adalah bayi yang berumur kurang dari 28 hari. Angka Kematian Neonatal adalah jumlah kematian bayi yang berumur kurang dari 28 hari yang dicatata selama 1 tahun per 1000 kelahiran hidup pada tahun yang sama.


Manfaat dari angka kematian neonatal adalah sebgai berikut;
(1)   untuk mengetahuai tinggi rendahnya perawatan post natal (2) Untuk mengetahui program Imuninsasi (3) Untuk pertolongan persalina (4) untuk mengetahui penyakit infeksi.
6.      Perinatal Mortality Rate (PMR) angka kematian perinatal
Angka kematian perinatal adalah jumlah kematian janin yang dilahirkan pada usia kehamilan berumur 28 minggu atau lebih ditambah kematian bayi yang berumur kurang dari 7 hari yang dicatat dalam 1 tahun per Total kematian janin+lahir hidup Dalam periode waktu yang sama.

Faktor yang mempengaruhi tinggnya PMR adalah sebagai berikut: 1.Banyak bayi dengan berat badan lahir rendah. 2.Status gizi ibu dan bayi. 3. Keadaan sosial ekonomi. 4. Penyakit infeksi terutama ISPA. 4.Pertolongan persalinan
7.      Infant Mortality Rate (IMR) Angka Kematian Bayi
Angka Kematian Bayi adalah perbandingan jumlah penduduk yang berumur kurang dari 1 tahun yang dicatat selama 1 tahun dengan 1000 kelahiran hidup pada tahun yang sama.
Rumus:

Manfaat dari perhitungan angka kematian bayi adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui gambaran tingkat permasalahan kesehatan masyarakat yang berkaitan dengan faktor penyebab kematian bayi. 2. Untuk Mengetahui tingkat pelayanan antenatal. 3. Untuk mengetahui status gizi ibu hamil. 4. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan program kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan Program Keluaga berencana (KB). 5. untuk mengetahui kondisi lingkungan dan social ekonomi
8.      Maternal Mortality Rate (MMR) Angka Kematian Ibu
Angka kematian ibu adalah jumlah kematian ibu akibat komplikasi kehamilan, persalinan, dan masa nifas yang dicatat selama 1 tahun per 1000 kelahiran hidup pada tahun yang sama.
Tinggi rendahnya angka MMR tergantung kepada:
1.Sosial ekonomi.2.Kesehatan ibu sebellum hamil, persalinan, dan masa nasa nifas. 3.Pelayanan terhadap ibu hamil. 4. Pertolongan persalinan dan perawatan masa nifas

9.      Angka Kematian Pascaneonatal
Adalah kematian yang terjadi pada bayi usia 28 hari sampai 1 tahun per 1000 kelahiran hidup dalam satu tahun kalender
        
10.  Angka Abortus
Adalah penghentian kehamilan dengan sengaja sebelum janin mampu untuk hidup di luar kandungan
.

1 komentar:

Recent Comments