About

Semoga Bermanfaat

Kesehatan adalah bukan segalanya, tetapi segalanya tanpa kesehatan tak berarti apa-apa. Petua ini benar adanya, betapa tidak, tak sedikit orang merasakan sakit akibat sistem kekebalan tubuhnya menurun atau karena disebabkan faktor lain, bahkan harus dirawat di rumah sakit hanya untuk memperoleh kesehatan yang awalnya mereka sepelehkan.

Sungguh ironis, hari ini saya melihat betapa banyaknya orang harus menahan sakit dan harus mengeluarkan biaya tak sedikit untuk dirawat di salah satu RS di Makassar, bagaimana dengan RS lainnya, tentu pemandangan serupa akan disajikan saat berkunjung di RS manapun.

Kesehatan memang mahal harganya, oleh karena itu kita wajib mesti kudu menjaga kesehatan kita, minimal yah melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Anda sudah kenalkan dengan kata PHBS, didalamnya antara lain :

  1. persalinan di tolong oleh tenaga kesehatan
  2. memberi bayi ASI ekslusif
  3. menimbang balita setiap bulan
  4. menggunakan air bersih
  5. mencuci tangan dengan air brsih dan sabun
  6. menggunakan jamban sehat
  7. memberantas jentik di rumah sekali seminggu
  8. makan buah dan sayur setiap hari
  9. melakukan aktifitas fisik setiap hari
  10. tidak merokok di dalam rumah.
Sekedar mengetahui yah mudah saja, namun mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari masih banyak yang belum sadar betapa pentingnya mempraktikkan PHSB tersebut. Contoh sederhana, seberapa seringkah   kita melakukan olah raga?, seberapa seringkah kita membersihkan halaman sekitar kita? atau sudah adakah sarana Jamban di rumah kita?

Ayo, mari evaluasi sejauhmana kita sudah menerapkan PHBS itu. Mudah-mudahan kita semua bisa menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari kita, agar kita terhindar dari SAKIT.

Kesehatan dimulai dari diri sendiri, keluarga kemudian apabila keluarga sudah sehat maka masyarakat pun ikut sehat.(Run_Art)

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments