About

Semoga Bermanfaat


Akankah MDGS khususnya poin 4 (Menurunkan angka kematian anak) dan poin 5 (meningkatkan kesehatan ibu) tercapai di Indonesia tahun 2015 mendatang?
Berbagai Strategi dan Inovasi yang sementara diupayakan tak bisa memberikan kepastian akan terwujudnya kedua poin tersebut, yang kenyataannya saat ini di Indonesia perlu berupaya lebih keras untuk mencapainya dalam waktu yang singkat.
Mungkin sudah terpikirkan bahwa persoalan yang dihadapi dalam proses pencapaiannya terbilang komplit, diantaranya:
(1) pendidikan yang belum merata. Hal itu bisa menghambat karena pendidikan yang kurang relevan dengan pengetahuan yang kurang pula, sehingga kaitannya dengan pencapaian poin 4 dan 5 akan lebih signifikan jika diupayakan dengan peningkatan pengetahuan mereka akan kesehatan Ibu dan Anak,
(2) Sosial culture yang beragam dalam aspek kebiasaan, terkadang dalam realitasnya hal itu bisa menghambat penerapan program pencapainnya. Misalnya, ASI yang sangat penting bagi pertumbuhan bayi, masih ada ibu-ibu yang memiliki kebiasaan tidak menyusui anaknya dengan alasan tertentu.
(3) Politik dan produk hukum, saat ini kehidupan bermasyarakat tak luput dari yang namanya Politik. Politik sangat berpengaruh dalam membuat kebijakan maupun produk hukum yang menjadi landasan dalam pencapaian MDGs. Kalau hal ini bisa disadari oleh seluruh stakeholder, maka bukan hanya sekedar membuat kebijakan, tetapi bahkan sampai ketingkat pengawasan yang terkadang lemah di lapangan bisa diminimalisir.
(4) Perlu integritas visi dan misi dalam pelaksanaan program. Mulai dari tatanan pusat hingga tatanan daerah sebagai ujung tombak dalam pelaksanaannya, harus bersungguh-sungguh dalam mengemban tugas sebagai provider kesehatan masyarakat, bukan hanya untuk mencapai MDGs saja, tetapi untuk kesehatan masyarakat indonesia kedepannya.
(5) Kuantitas dan kualitas Tenaga kesehatan masih perlu ditingkatkan. tak hanya itu pemeratan dalam mendistribusikan tenaga kesehatan sangat menentukan hasilnya, agar pencapaian poin tersebut bisa terealisasi secara merata di seluruh Indonesia. Masalah yg dihadapi terkait tenaga kesehatan yaitu terkadang belum memiliki niat yang kuat khususnya dalam menjalankan tugas di daerah terpencil.

Perlu kerja keras dalam proses pencapaian sehingga stagnasi pencapain bisa diminimalisir. Contoh Angka kematian ibu per 100.000 ribu kelahiran hidup pada tahun 2007 yaitu 228. Sedangkan target yang diharapkan tahun 2015 mendatang yaitu 102. Angka yang sangat luarbiasa untuk berusaha keras mencapainya.
Semoga tulisan sederhana ini semoga bisa banyak bermanfaat.#Hanya sekedarmenulis.


by Hasirun, S.K.M (mhn shering 085242379634)

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments