About

Semoga Bermanfaat

DATA EPIDEMIOLOGI
A. defenisi data
data adalah gambaran dari suatu kejadian yang kita hadapi. dalam kehidupan sehari-hari data rerupakan fakta tersurat dalam bentuk tulisan dalam suatu objek. data epidemiologi merupakan suatau komponen dasar dari informasi epidemiologi yang akan di proses lebih lanjut untuk menghasilkan informasi epidemiologi.
B. sumber data
data diperoleh dari:
1. data kependudukan
data yang menyangkut penduduk dengan berbagai kriterianya merupakan salah satu dan pokok yang amat di perlukan  untuk perencanaan epidemiologi kependudukan dimana data yang di pereoleh dari:
a. sensus penduduk
sensus penduduk merupakan pencacatan sutau pendududk mencakup selyuruh wilayah suatu negara atau daerah.
b. survey
survey merupoakan pengumpulan data dari sebagian populasi yaitu dengan menarik sampel dimana pemilihan sampel dilakuakan dengan menggunakan metode statistik tertentu sehingga dapat dilakukan pendugaan atas populasinya. contoh survey sensus penduduk antar sensus(SUSPAS),survey demografi indonesia, survey demografi nasional, dan sebagainya
c. registyrasi penduduk
registrasi penduduk meruoakan pencacatan yang terus- menerus mengenai peristiwa penting yang dialami penduduk berupa kelahi\ran kematian, dan perpidahan . hal  tersebut dilakukan melalui kewajiban menggunakan kartu keluarga, kartu penduduk  dan pelaporan dari setiap peristiwa penting pada lingkaup keluarga bersangkutan.an adalah konseptelah memenuhi  dejure. adalah penduduk akan duicacat secara  resmi apabila  telah memenuhi syarat tertentu.
2. Data kelahiran dan kematian
a. data kelahiran
dat kelahira diperoleh dari akte kelahiran  klinik , rumah sakit bersalin serta pelayanaan kesehatan lainnya. sampai saat ini banyak anak indonesia yang identitasnya belum di ketahui. hal  ini mengakibatkan anak yang lahir tersebut tidak tercatat namanya, sisilagh keluarganya serta tidak telindung keberadaannya.
b. data kematian
data kemtian diperoleh dari surat keterangan meninggal dan tempat pelayanan kesehatan.
3. data kesakitan
data kesakitan diperoleh dari:
a. rekam medis rumah sakit dan puskesmas
praktek dokter swasta
c.pedataan atau penelitian khusus
4. dat lain
sumber data dapat juga diperoleh dari
a. dat sanitasi lingkungan
b. laporan imunisasi
c. pencatatan dan pelaooran
C. SURVEILAN
surveilan merupakan pencataatn dan pelaporan secara terus menerus dala epidemiologi. variabel yang didianosis adalan raong, tampat, dan daktu.  tujuan dari suveilan adalah untuk menentukan  perencanaan dalam melaksaan program pembaunan kesehatan, dengan melaksanaan kegiatan prediksi dan deteksi dini kejadian luar biasa (KLB)

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments